7 Penyebab Stres


Dinofenderley.blogspot.com   -   Di dalam aktivitas keseharian kita sering mengalami stres, entah itu sedang apa, di mana, dan kapan saja pun bisa kita merasa stress. Tahu gak Sobat Dino apa yang nyebabin itu semua?. Nah Si Dino mau nge share ni tentang hal apa saja yang nyebabin pikiran kita stress.

7 Penyebab Stres
1. Tekanan di Tempat Kerja
Rentang waktu deadline yang mencekik, tuntutan kesempurnaan hasil kerja dari atasan, dan kesulitan untuk mengimplementasikan rencana kerja dapat memicu munculnya stres di diri kita. Terlambatnya hasildari divisi lain yang membuat kita ikut terlambat dalam memprosesnya akan menambah tingkat kesetressan kita. Stress di tempat kerja juga dapat muncul lantaran kita harus mempresentasikan rencana kerja kita di depan atasan dan rekan kerja kita. Kita juga harus memperhatikan hubungan dan persaingan kerja dengan rekan kerja kita.

Penyebab stress di tempat kerja juga dapat berupa rasa bosan karena tugas yang monoton, kompetensi yang diragukan, baik oleh diri sendiri atau oleh rekan dan atasan, lingkungan kerja yang tidak nyaman dan kondusif, tanggung jawab yang tinggi yang tidak sepadan dengan pangkat atau gaji dan masih banyak lagi.

2. Masalah Finansial
Pernah gak siha kalian mendengar, atau melihat berita ada yang meninggal dunia yang disebabkan oleh masalah keuangan/ masalah ekonomi? atau kamu sndiri tuh yang pernah berfikiran seperti itu? hussshh jangan ya Sobat Dino. Aku yakin nih tk jarang ya dari kamu yang menyaksikan di televisi betapa isu ekonomi/ finansial tersebut sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Hidup tanpa uang is imposible. Hehe, begitulah istilahnya. Tidak hanya menjadi penyebab bunuh diri, masalah ekonomi bahkan juga dapat menyebabkan seseorang melakukan tindak kejahatan berupa perampokan bank dsb. Tidak jarang kasus di mana seorang pencuri terdorong karena kesulitan ekonomi. Ada juga sampai menjambret, menipu, merampok atau malah ditambah tega membunuh orang lain untuk memenuhi ekonominya? Sungguh faktor ekonomi telah membuat banyak orang tertekan yang selanjutnya membuat mereka stress. Stres itulah yang akhirnya membuat seseorang melakukan perilaku" seperti yang dijelaskan tadi yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

3. Orang Lain
Orang lain yang merupakan teman kita, sahabat, ataupun pasangan kita pernah mengalami sesuatu masalahyhang rumit, sulit ataupun menemui kegagalan juga dapat menjadi tekanan yang berbahaya bagi psikologis kamu, kenapa? karena kamu menjadi stres karenanya. Kesiapan Anda menghadapi kemungkinan yang bakal terjadi manakala Anda berontak memengaruhi kadar stres yang Anda alami. Semakin siap, kadar stres semakin berkurang. Sebaliknya, kadar stres akan semakin tinggi dan dampaknya berupa berupa lemahnya kejiwaan, mudah berprasangka buruk, mudah tersinggung, merasa tertindas dan merasa tersaingi.

4. Penyakit
Hati-hati! Stres bisa memperparah penyakit yang Anda derita. Karena penyakit yang tak kunjung sembuh, Anda pun mulai tertekan, entah karena penyakit itu sendiri, biaya pengobatan yang mahal, atau pikiran bahwa semakin hari sakit yang Anda derita semakin merepotkan diri dan keluarga Anda. Stres pun muncul. Akibatnya, penyakit Anda semakin parah. Stres bisa menjadi penyebab sekaligus akibat bagi penyakit Anda. Stres merupakan lingkaran setan yang dapat membunuh Anda secara perlahan!

5. Kegagalan
Terobsesi dengan keinginan merupakan hal yang baik. Keinginan dan impian adalah bukti kegairahan hidup Anda. Keinginan dan impian adalah sumber kehidupan Anda. Namun demikian, tidak mungkin Anda meraih impian secara instan. Hasil tidak jatuh dari langit. Orang Jawa bilang, hasil tidak diperoleh secara mak bedunduk alias cuma-cuma. Butuh waktu dan proses untuk mencapainya. Selain itu, diperlukan juga usaha yang sungguh-sungguh.

6. Kondisi fisik dan mental
Waspadai kondisi kejiwaan Anda karena ia dapat menjadi pemicu stres. Apabila Anda merupakan tipe pemalu atau tidak memiliki kepercayaan diri, maka Anda akan rentan mendapatkan stres. Hal tersebut dikarenakan ketika Anda bertemu dengan orang lain, ada saja sesuatu di diri Anda yang melemahkan kepercayaan diri Anda. Padahal, kehidupan menuntut Anda untuk selalu berinteraksi dengan orang lain.
Selain mental, kondisi fisik juga dapat menjadi tekanan tak tertahankan bagi Anda. kegemukan, tinggi badan yang tidak proporsional, wajah yang tidak menarik dapat menjadi teror yang mengerikan bagi Anda. Hal tersebut mungkin karena Anda menilai kondisi fisik Anda sebagai kekurangan. Penilaian seperti itu, pada ujungnya membuat Anda tidak berskyukur. Anda akan berkutat pada masalah tersebut dan menyalahkan diri sendiri karenanya.

7. Kematian orang-orang tersayang
Apabila Anda memiliki ikatan emosional yang kuat dengan teman dekat, pasangan, atau keluarga, Anda akan merasa sangat kehilangan manakala salah satu di antara mereka meninggal dunia. Banyak di antara kita yang bahkan kesulitan untuk get over it, mengikhlaskan kepergian orang-orang tercinta dan melanjutkan hidup. Kesulitan tersebut merupakan gejala stres karena tidak dapat menerima kenyataan bahwa salah satu orang terkasih telah tiada.

Trus gimana dong kalo dah stress kayak gitu?? Gimana sih cara mengatasinya?? Gak boleh dong dibiarkn begitu saja. Begini Sobat Dino.

Ujian hidup itu tiada akhirnya. Sukse gagalnya tergantung bagaimana kita merespon ujian tersebut. Terkadang kita merespon positif, mungkin sebaliknya yang bikin kita stress. Satu yang wajib disyukuri,Satu yang wajib disyukuri, sebagai manusia, kita dibekali kehendak bebas yang memungkinkan kita untuk merubah nasib dan perjalanan hidup. Stres adalah bakat alami kita semua, demikian juga kehendak bebas. Maksimalkan kehendak bebas untuk stress tetapi cukup sebentar saja lalu dikontrol dan dikelola sehingga menjadikannya motivasi untuk meningkatkan produktifiktas kita.

Nah Gimana Sobat Dino? Jangan sampe stress lhooo, cerita lho sama temen, sahabat kita atau teman dekat kita yang bisa mencerahkan dan menghilangkan stress kita. Semoga share Dino dapat membuat kita lebih baik dan lebih menghargai usaha kita sampe titik terakhir sekalipun. Terima kasih atas kedatangan kamu di Dinofenderley.blogspot.com, dan coba juga baca share Dino yang lain yaaa... Sampai jumpa di share berikutnyaaaa!!!!

Sumber : Aquariuslearning.co.id