4 Buah Penurun Kadar Kolesterol

Dinofenderley.blogspot.com   -   Sobat Dino semua, aku mau share nih soal kolesterol. Tepatnya terkait buah apa aja yang InsyaAllah dapat menurunkan kolesterol.

Sebelum masuk ke buah yang dapat menurunkan kolesterol, Sobat Dino perlu tau dulu apa itu kolesterol. Pasti Sobat biasa mendengar kata kolesterol, kebanyakan dari kita pasti sudah membayangkan efek negatif yang dihasilkannya bagi kesehatan dan bahkan dapat mematikan, akhirnya tidak sedikit orang yang takut dan menganggap kolesterol sebagai zat berbahaya yang harus dihindari tubuh. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa kolesterol itu sangat penting dan dibutuhkan tubuh. Tanpa kolesterol, tubuh akan menjadi tidak sehat. Kalau begitu, mana yang benar? Apa sebenarnya kolesterol itu? 

Kolesterol berasal dari bahasa Yunani, Chole yang berarti empedu, dan Stereo yang berarti padat. Dinamakan seperti itu, karena pada saat ditemukan pertama kali di abad ke-18, kolesterol ditemukan pada batu empedu. Kolesterol dalam kadar tertentu bermanfaat bagi tubuh. Namun, jika tidak dikontrol dan kadarnya berlebihan dalam tubuh, kolesterol dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti darah tinggi, penyakit jantung, stroke, batu empedu, dan gagal ginjal.

Kolesterol diproduksi oleh hati namun hanya 2/3 bagian dan sebagian besar lainnya dihasilkan dari konsumsi makanan yang di makan setiap harinya.

Trigliserida merupakan molekul lemak yang menyediakan energi bagi tubuh. Baik kolesterol maupun triglieserida dibawa melalui darah  oleh lipoprotein. Trigeliserida adalah salah satu jenis lemak yang terdapat di dalam darah dan berbagai organ di dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak akan meningkatkan trigliserida di dalam darah dan cenderung meningkatkan kadar kolesterol.

Lemak yang berasal dari buah-buahan sepert kelapa, durian dan alpukat tidak mengandung kadar kolesterol yang tinggi meski mengandung angka lemak jenuh namun lemak jenuh dalam alpukat masih dapat dinetralisir.

Beberapa faktor yang mmpengaruhi kadar trigliserida di dalam darah adalah kegemukan, makanan berlemak, gula biasa  (glukosa) dan alkohol. Para ahli menegaskan bahwa peningkatan kadar trigliserida di dalam darah merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung koroner.

Kolesterol dan trigliserida saling berhubungan satu sama lain, ketika kadar kolesterol dala darah meningkat maka kadar trigliserida dalam darah juga akan meningkat. Beberapa orang yang mengalami kolesterol dan trigliserida banyak mengkonsumsi berbagai jenis obat-obatan untuk sekedar membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Namun sayangnya pengobatan kolesterol tidak diimbangi dengan konsumsi makanan yang sehat dan pola makan yang baik. Pengobatan kolesterol dan trigliserida harus seimbang dengan pola makan yang baik dan konsumsi makanan seimbang seperti buah dan sayuran. Di samping pengobatan kolesterol dan trigliserida, ada pula beberapa jenis buah yang dapat dikonsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, beberapa diantaranya yakni / Buah Penurun Kolesterol dan Trigliserida :

1. Alpukat
Buah alpukat merupakan salah satu jenis buah yang dapat dikonsumsi untuk membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida. Meski, alpukat memiliki kandungan lemak jenuh, namun lemak jenuh masih dapat diterima oleh tubuh. Karena lemak jenuh dalam alpukat tidak terlalu tinggi. Selebihnya alpukat mengandung 63% asam lemak tak jenuh terutama lemak tidak jenuh tunggal. Selain itu, alpukat juga sangat baik dikonsumsi oleh tubuh sebagai penjaga kadar gula dalam darah agar tidak terlampau tinggi. Di samping itu,alpukat juga mengandung omega 9 yang mengandung antioksidan.

2. Tomat
Tomat merupakan salah satu jenis buah alami yang dapat digunakan sebagai penurun kolesterol yang paling ampuh. Tomat yang mengandung statin yang juga sangat baik sebagai obat alami pelindung organ jantung dari bahaya kadar kolesterol tinggi.

3. Jeruk nipis
Jeruk nipis yang mengandung rasa asam yang cukup tinggi ternyata juga dapat dikonsumsi olehpenderita kolesterol dan trigliserida tinggi. Namun dalam konsumsinya , jeruk nipis disarankan untuk tidak dikonsumsi dalam jumlahyang berlebihan.Jeruk nipis yang mengandung flavonoid yang dapat menghambat produksi kolesterol LDL. Dengan memeras jeruk nipis yang kemudian seduh denga segelas air panas. Jeruk nipis tidak akan membuat perut menjadi perih.

4. Apel
Dari berbagai penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi 2 buah apel dalam seharidapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah hingga 40%. Selain itu apel juga mengandung beta glucan yang dapat membantu penyerapan kolesterol dalam tubuh.