21 Tempat Wisata Asik Di Kota Bogor

 

Dinofenderley.blogspot.com   -   Para Sahabat Dino, buuuuuanyaaak sekali wisata yang ada di Kota Bogor ini. Padahal lho Kota Bogor itu katanya kota kecil, tetapi jangan salah kalo Kota Bogor menyimpan wisata2 nya yang menarik, indah, menghibur serta wisata edukasi yang khusus disediakan bagi para wisatawan. Mulai dari museum, danau, air terjun, wisata agro, out bond sampai dengan wisata kuliner juga terdapat di Kota Hujan ini. Berikut daftar tempat wisata menarik yang rugi jika anda tidak ke sana. Cekidottt ...  Hahaha.

1. Kebun Raya Bogor
Sebuah kebun botani yang sejak dulu sudah terkenal bagi wisatawan lokal Kota Bogor ini memiliki luas sekitar 87 hektar dan memiliki koleksi anekaragam pepohonan atau umbuhan lebih dari 15.000 jenis. Pada akhir pekan atau waktu liburan tiba, Kebun Raya Bogor ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dari Jakarta maupun dari daerah-daerah lainnya. Di sekitar obyek wisata ini terdapat pusat -pusat keilmuan seperti Museum Zoologi Bogor, Herbarium Bogoriense dll. Lokasi atau alamat kebun raya bogor berada di jalan Ir. Haji Juanda No. 13 Kota Bogor.

2. Istana Bogor
Istana Bogor juga merupakan tempat menarik di bogor yang wajib anda kunjungi saat berada di kota bogor. Salah satu istana presiden yang berada di kota bogor ini memiliki nilai sejarah, kebudayaan, dan faunanya. Di istana ini juga anda akan menemui rusa-rusa yang berasal dari Nepal. Pada saat hari libur dan akhir pekan, biasanya tempat ini ramai dikunjungi oleh warga Bogor dan Jakarta hanya untuk berjalan-jalan di sekitaran Istana Bogor dan memberi makan rusa-rusa yang hidup bebas di halaman istana. Istana Bogor berada di dekat Kebun Raya Bogor atau berada di jalan Ir. Haji Juanda No. 1 Kota Bogor.

3. Taman Safari Cisarua
Tujuan wisata paling populer di puncak bogor yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah Taman Safari Cisarua. Objek wisata keluarga di puncak bogor ini sudah sangat terkenal sejak dulu. Di obyek wisata yang berada di kawasan wisata Puncak ini menawarkan pengalaman melihat dan berinteraksi dengan berbagai jenis hewan yang hidup di habitat aslinya seperti gajah, komodo, singa, dan lainnya di alam bebeas. Tidak seperti di kebun binatang yang ada di ragunan Jakarta, dimana binatang-binatang tersebut berada di kandang masing- masing. Tidak hanya itu saja, di taman safarai puncak bogor ini juga terdapat wahana bermain anak dan safari waterpark. Selain menawarkan pengalaman berinteraksi dengan hewan di siang hari, Taman Safari Cisarua juga mempunyai program safari malam sehingga anda dapat melihat kegiatan hewan di malam hari. Apabila anda ingin berkunjung ke Taman Safari Cisarua pada akhir pekan, perlu diingat bahwa pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional kawasan puncak memberlakukan sistem satu arah, biasanya satu arah naik pada jam 9 pagi sampai dengan jam 11.30 siang, dan satu arah turun pada jam 3 sore sampai dengan jam 6 sore. Harga tiket masuk Taman Safari Cisarua adalah 140,000 Rupiah per orang.

4. Museum Zoologi Bogor
Nah ini dia Museum Zoologi Bogor yang ada di sekitar Kebun Raya Bogor ini adalah sebuah museum di Bogor yang mempunyai koleksi berupa hewan. Koleksi hewan ini bukan berarti Museum Zoologi Bogor seperti Taman Safari Cisarua, melainkan berupa koleksi hewan yang diawetkan dan juga fosil hewan. Museum Zoologi Bogor yang terletak di dalam Kebun Raya Bogor adalah tempat wisata edukasi yang bagus karena memiliki puluhan ribu koleksi yang berbeda.

5. Telaga Warna
Tempat rekreasi yang satu ini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan dan luar kota Jakarta. Telaga Warna merupakan sebuah danau yang dikelilingi ileh pepohonan hijau yang asri. Konon katanya warna air di danau ini dapat berubah-ubah sesuai dengan nama dair tempat tersebut. Selain menikmati keindahan alam di telaga warna bogor, anda juga dapat menikmati permainan air seperti sepeda air dan perahu rakit.

6. Danau Situ Gede
Danau Situ Gede adalah sebuah danau dengan luas sekitar 6 hektar dan dikelilingi ileh hutan. Danau Situ Gede adalah tempat rekreasi sehari- hari bagi warga Bogor yang gemar memancing, menaiki perahu ke tengah danau, dan jalan- jalan di hutan yang rimbun. Selain itu, di hutan Danau Situ Gede juga banyak terdapat rusa sehingga anda dapat juga banyak terdapa rusa sehingga anda dapat bermain dengan mereka.

7. Curug Panjang
Bagi anda yang menyukai kegiatan menjelajah sungai, objek wisata di bogor satu ini yang sangat tepat anda kunjungi. Curug panjang merupakan air terjun yang berada di kawasan wisata megamendung. Tempat rekreasi yang menawarkan keindahan alam ini juga banyak menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Apabila anda juga tertarik untuk menjelajahi curug panjang ini, sebaiknya gunakanlah sandal gunung atau sandal yang tidak licin agar kegiatan jelajah sungai tersebut menjadi lebih nyaman.




8. Curug Kembar
Sama dengan Curug Panjang hanya saja jika Curug Panjang itu berjalan mengikuti arah sungainya yang panjang, berbeda dengan Curug Kembar. Curug kembar berjalan melewati jalan berbatuan yang tidak mudah dilewati. Tetapi jangan khawatir dan tidak usah kecewa karena nantinya saat anda telah sampai ke tempat ini maka anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang berupa 2 air terjun kembar yang begitu indah


9. Curug Cibeureum 
Air terjun yang berlokasi di taman nasional gunung gede pangrango ini menawarkan wisata dengan sensasi petualangan. Untuk menuju curug cibeureum kita harus berjalan menaiki gunung berjarak 3 km dari kaki gunung gede pangrango (cibodas). Sepanjang perjalanan menuju air terjun ini kita akan disuguhkan pemandangan alam yang indah. Apabila anda lelah berjalan kaki terdapat beberapa tempat peristirahatan di sepanjang jalan menuju curug cibeureum.


10. Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
Air Panas Tirta Sanita Ciseeng adalah salah satu tempat wisata di Bogor favorit warga Bogor dan sekitarnya. Kegiatan yang bisa dilakukan di Tirta Sanita Ciseeng Bogor adalah berendam air panas belerang yang berguna tidak hanya untuk melepas lelah, namun juga baik untuk kesehatan. Selain tempat berendam air panas, Tirta Sanita Ciseeng juga mempunyai fasiltias permainan yang dapat dimainkan anak-anak dan orang dewasa. Harga tiket masuk Air Panas Tirta Sanita Ciseeng adalah 10,000 Rupiah per orang, hati-hati terkadang ada beberapa orang yang mencoba menjual tiket tidak resmi dengan harga 50,000 Rupiah atau lebih.

11. Air Panas Ciparay
Terletak di desa Ciparay, Air Panas Ciparay adalah tempat berendam air panas yang masih alami. Pada saat datang memasuki area Air Panas Ciparay, anda harus menuruni sektiar 400 anak tangga, namun tidak perlu kuatir karena pemandangan dalam perjalanan tersebut sangat indah sehingga tidak akan terasa melelahkan. Harga tiket masuk Air Panas Ciparay adalah 4,000 Rupiah per orang.


12. Taman Wisata Mekarsari
Taman Wisata Mekarsari adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang paling terkenal, bahkan sudah menjadi salah satu ikon kota Bogor. Taman Wisata Mekarsari adalah pilihan tepat bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk melepas kejenuhan kerja sehari-hari. Sempat ditutup selama beberapa bulan untuk melepas kejenuhan kerja sehari-hari. Sempat ditutup selama beberapa bulan untuk keperluan renovasi, kini dibuka kembali untuk umum menawarkan wisata taman buah di lahan seluas 264 hektar dengan berbagai macam fasilitas rekreasi yang menyenangkan untuk anda dan keluarga. Di Taman WIsata Mekarsari juga terdapat wahana water kingdom, sebuah wahana wisata air terbesar di Asia.

13. Warso Farm
Warso Farm atau sering disebut Kebun Durian dan Buah Naga Warso adalah sebuah tempat wisata di Bogor yang berlokasi di Desa Cihideung, sekitar 10 KM dari pusat kota Bogor. Warso Farm sangat mudah ditemukan karena di pintu gerbang depanyna terdapat replika buah durian dan buah naga yang sangat besar. Berada di atas sebuah lahan berukuran sekitar 8 hektar, Warso Farm adalah tempat wisata perkebunan yang wajib dikunjungi di Bogor.

14. Melrimba Garden
Melrimba Garden merupakan sebuah produsen tanaman hias terkenal yang berlokasi di puncak bogor. Tidak hanya terkenal sebagai produsen tanaman hias, melrimba juga merupakan tempat wisata untuk anak di puncak bogor yang paling ramai dikunjungi. Fasilitas liburan di obyek wisata ini juga terbilang cukup lengkap seperti penginapan, area parkir luas, permainan anak, ATV, kebun petik buah strawberry, sarana outbound, dan masih banyak lainnya. Tempat rekreasi di bogor ini sangay cocok bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga.

15. Taman Bunga Nusantara   
Obyek wisata yang satu ini anda akan disuguhkan oleh pemandangan dari keindahan-keindahan bunga yang ada di taman ini. Bagi anda yang menyukai bunga, tentu anda akan penasaran untuk berkunjung ke tempat wisata wisata di bogor yang satu ini. Terdapat bermacam-macam jenis bunga di taman bunga nusantara, baik bunga lokal maupun bunga- bunga dari luar negeri seperti Australia, Amerika Selatan, dan Afrika.


16. Taman Riung Gunung
Tujuan wisata yang satu ini mungkin anda jarang mendengarnya. Namun objek wisata ini juga layak untuk dikunjungi. Terdapat beberapa fasilitas seperti penginapan, obyek wisata kebun teh, outbond dan masih banyak lainnya. Didekat lokasi taman riung gunung ini terdapat sebuah villa peninggalan presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno beserta dengan isinya. Menurut cerita masyarakat sekitar, bahwa villa tersebut digunakan oleh Soekarno untuk berdo'a dan menenagkan diri.

17. Taman Wisata Matahari
Tempat wisata di bogor puncak yang satu ini sudah sangat populer dikalangan wisatawan dari jabodetabek maupun diluar jabodetabek. Selain tiket masuk yang murah, tempat wisata ini juga menawarkan fasilitas berlibur yang sangat lengkap dan cocok untuk semua kalangan. Fasilitas liburan yang dapat anda dapatkan di taman wisata matahari ini seperti sarana outbound, ATV, arung jeram, permainan anak, permainan air, restoran, penginapan, dan masih banyak lainnya

18. The Jungle Water Park
The Jungle Water Park berlokasi di tengah sebuah perumahan bernama Bogor Nirwana Residence. The Jungle Water Park juga mempunyai fasilitas sinema 4D, taman burung, dan akuarium raksasa. Harga tiket The Jungle Water Park adalah Rp. 80.000 / orang.



19. Marcopolo Water Adventure
Wisata ini berlokasi di perumahan Bukit Cimanggu City, tepatnya di Jl. KH. Soleh Iskandar No. 1 Bogor. Tepat sekali bagi anda yang mempunyai anak kecil untuk diajak ke permainan air seperti water boom, kolam air panas, kolam renang anak, kolam renang bayi, kolam arus dan ada juga kolam renang dewasa untuk kalangan anda yang juga ingin berenang di sini dan masih banyak lagi pilihan menarik di sini. Selain itu anda dpat bermain permainan seperti flying fox, sepeda air, balon air, memancing dan masih banyak lagi di tempat wisata ini. Harga tiket masuknya cukup murah yaitu Rp. 55.000,-.

20. Kampung Budaya Sindangbarang
Kampung Budaya Sindangbarang berlokasi sekitar 5 KM dari Bogor, tepatnya di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari. Kampung Budaya Sindangbarang merupakan kampung tertua di Bogor yang dipercaya sudah ada sejak jaman Kerajaan Sunda pada abad ke 7. Di Kampung Budaya Sindangbarang anda dapat menikmati peninggalan kerajaan Pajajaran, menikmati dan mempelajari kesenian Sunda, menikmati suasana desa yang tenang, dan lain-lain.

21. Tempat Wisata Kuliner Desa Wisata Pancawati
Jika anda ingin menikmati suasana pedesaan yang menawarkan sensasi liburan dengan warna berbeda. Desa pancawati merupakan tempat wisata tersebut. Di desa ini anda dapat menemui pertunjukkan seni budaya sunda speerti wayang golek dan tarian sunda. Selain itu anda juga dapat menikmati hidangan-hidangan khas urang sunda di desa pancawati. Bagi anda yang ingin bermalam di desa ini ada juga penginapan seperti rumah-rumah warga di desa pancawati (homestay)

Sumber : anekatempatwisata.com
               manjaw.com