Awal Daur Hidup

1. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
           Perkembangan awal daur hidup ikan merupakan suatu hal yang mmenarik karena berhubungan dengan stabilitas populasi ikan tersebut dalam suatu perairan. Untuk mempelajari kemampuan hidup suatu spesies ikan dan mengurangi tingkat moralitas yang terjadi terutama pada awal perkembangan hidup ikan khususnya untuk pembudidayaan perlu adanya pengertian mengenai jenis- jenis telur ikan tersebut dan daur hidup mulai dari awal fertilisasi hingga terdeferensiasi untuk menjadi ikan mudaHesti dan Ternala, 2006).


      2.7 Macam - macam Pemijahan
                  Menurut Hesti dan Ternala (2006), pemijahan terdiri atau terbagi atas:  
        a.  Tipe A : Pemijahan hanya berlangsung satu kali dalam waktu satu tahun dalam waktu pendek. Kelompok telur yang matang dalam ovari dapat membedakan dengan kelompok  telur .
      b.      Tipe B : Pemijahan berlangsung satu tahun tetapi dalam waktu yang lama , lebih lama daripada tipe pemijahan tipe A .
      c.       Tipe C : Pemijahan berlangsung dua kali setahun . pemijahan macam ini ditemukan pada ikan – ikan psammorpea wargients,  therapoe putea dan carank riptolepis.
      d.      Tipe D : Pemijahan sepanjang tahun . Tetapi terputus- putus, seperti terdapat pada ikan stelophones indicus. Telur matang didapatkan lebih dari satu kelompok yang mungkin berbeda satu dengan yang lain tapi memperlihatkan proses bekesinambungan.